Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

Alat musik adalah salah satu alat yang digunakan untuk menciptakan suatu suara musik yang bisa didengar. Di dunia ini ada banyak sekali alat musik yang bisa dimainkan untuk berbagai pertunjukan musik. Karena alat musik ini sangat banyak, maka masyarakat setuju untuk mengelompokkan alat musik dengan berbagai kriteria kelompok. Ada yang mengelompokkan alat musik berdasarkan cara memainkannya, ada yang mengelompokkan alat musik berdasarkan sumber bunyinya, ada juga jenis alat musik yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Untuk kali ini kit akan membahas jenis alat musik berdasarkan fungsinya di bawah ini.

Alat Musik Melodis

Jenis alat musik yang pertama menurut fungsinya adalah alat musik yang bisa menghasilkan melodi dalam lantunan lagu tetapi biasanya tidak bisa memainkan suatu chord sendirian sehingga membutuhkan alat musik yang lain untuk menciptakan suatu melodi yang indah dan enak didengar.

Alat musik melodius adalah alat musik yang bisa menghasilkan suara yang bernada do, re, mi, fa, sol, la, si, do yang bisa melengkapi berbagai jenis musik lain sehingga tercipta suatu keharmonisan suara yang sangat menyentuh jiwa sangat amat dalam.

Alat musik melodis juga bisa dimaknai sebagai alat yang menghasilkan suatu irama atau nada-nada tertentu  dan memiliki fungsi untuk mengatur nada pada setiap lagu atau instrumental yang sangat memudahkan vokal untuk menyesuaikan.

Ada banyak sekali alat musik melodis baik yang tradisional maupun yang modern. Contoh alat musik melodis yang tradisional ada seruling, angklung, calung, kecapi, bonang dan lain sebagainya, sedangkan untuk alat musik modern seperti piano, akordeon, gitar, pianika, biola, harmonika, dan masih banyak lagi lainnya.

Alat Musik Ritmis

Jenis alat musik berdasarkan fungsinya selanjutnya adalah alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah jenis alat musik yang tidak memiliki suatu nada-nada tertentu seperti do,re,mi, dan lain-lain. Alat musik ini sifatnya hanya sebagai alat pembersih pengiring yang bisa mengiring suatu irama atau sebagai pengatur tempo lagu.

Alat musik ini memiliki nada yang sama dari awal sampai akhir sehingga tidak akan ada perbedaan nadanya. Yang membedakan dalam penggunaannya adalah suatu jenis bunyi yang dihasilkan, tempo yang digunakan untuk membunyikan alat musik ini, atau juga dengan keras lembutnya permainan musik ini.

Alat musik jenis ritmis ini jika disertai dengan jenis alat musik lain akan menimbulkan suatu ketukan yang bisa mengiring alat musik lain untuk dimainkan, semakin cepat seharusnya musik lain juga harus lebih cepat.

Contoh dari alat musik ritmis ini juga terbagi menjadi dua yaitu yang tradisional dan ada yang modern. Untuk alat musik ritmis tradisional misalnya yaitu Kendang, Tifa, Marakas, Tipung, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk alat musik ritmis yang modern misalnya yaitu simbal, Triangle, tamborin, dan lain sebagainya.

Alat Musik Harmonis

Alat musik Harmonis adalah alat musik yang mana pemainnya membawa suatu paduan nada atau akor pada suatu pertunjukan musik. Suatu alat musing yang tidak bisa membuat suara atau kord sendiri merupakan bagian dari alat musik harmonis. Alat musik harmonis memerlukan jenis nada yang lain agar suara yang dihasilkan memiliki melodi yang tepat.

Biasanya alat musik harmonis ini memiliki lebih dari tiga nada yang harus dimainkan bersama-sama sehingga menimbulkan sebuah keharmonisan dari berbagai jenis alat musik yang dibunyikan, jika dimainkan sendiri maka alat musik ini tidak akan menimbulkan suara yang indah.

Pada dasarnya alat musik harmonis ini adalah alat musik yang bernada namun jika dibunyikan sendiri maka tidak akan menimbulkan suatu suara yang jelas karena hanya terdiri dari satu nada saja sehingga memerlukan kord lain sehingga saat dibunyikan bersama atau bergantian bisa terdengar lebih nyaman di telinga.

Banyak sekali Jenis alat musik berdasarkan fungsinya yang merupakan jenis musik harmonis ini apalagi alat musik asli Indonesia yang memiliki fungsi jika dimainkan bersama, antara lain yaitu Sadando, Sampek, Kecapi, Rebab, Celempung dan masih banyak lagi yang lainnya sehingga bisa Anda pelajari lagi bagaimana bisa berbunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *